News

Menparekraf Sandiaga Uno Dukung Toilet Untuk Negeri the Berawa Bali

  • Administrator
  • 1 November 2022 3:06 PM

Resource: baliprawara.com

MANGUPURA – baliprawara.com

Kehadiran Toilet Untuk Negeri the Berawa, Bali, telah diresmikan pada minggu lalu Rabu 28 September 2022 oleh LIXIL bersama Jamban.id, Tukang.com, Ethis Indonesia, Gringgo, dan Frday. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno melakukan kunjungan sekaligus melakukan penandatangan pada plakat sebagai bentuk dukungan untuk proyek percontohan toilet bersih pertama di lokasi wisata ini, Selasa 4 Oktober 2022. Keberadaan dan kebersihan toilet umum di destinasi wisata merupakan fasilitas yang vital karena dapat memberikan kenyamanan bagi para wisatawan.

Seiring dengan meningkatnya indeks pariwisata Indonesia pasca pandemi, menjadi indikator bagi sektor pariwisata untuk memberikan jaminan kebersihan, kesehatan, dan kelestarian lingkungan atas produk dan pelayanan agar kepercayaan wisatawan asing, lokal dan masyarakat Indonesia bangkit kembali. 

“Kami memberikan apresiasi atas terealisasinya proyek pertama dari Toilet Untuk Negeri di Berawa, Bali. Proyek ini juga turut mendukung program pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan 5 destinasi pariwisata super prioritas dengan rencana pembangunan 1.000 toilet secara bertahap,” ungkap Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Dirinya menambahkan, toiletnya nyaman dan harapannya dapat menjadi contoh baik pengelolaan toilet di destinasi wisata, sekaligus menciptakan peluang lapangan usaha baru serta sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan bagi para wisatawan. Karena kondisi toilet yang bersih menjadi salah satu penilaian suatu destinasi wisata.

“Penting memiliki toilet berkualitas untuk mendongkrak pemerataan dan mewujudkan destinasi pariwisata yang berkualitas dan inklusif. Mari kita jaga bersama kebersihan toilet ini agar para wisatawan lebih banyak datang untuk membantu perekonomian di sektor pariwisata Indonesia,” ucapnya.

Kolaborasi antara LIXIL, Jamban.id, Tukang.com, Ethis Indonesia, Gringgo, dan Frday memiliki visi untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kualitas pariwisata dengan memberikan kemudahan akses toilet umum yang layak, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia, khususnya yang berada di sekitar daerah wisata yang menjadi area proyek Toilet Untuk Negeri. Melalui proyek ini, para kolaborator bekerja sama dalam menyatukan keahlian terbaik masing-masing untuk memberikan standar baru pada toilet umum di Indonesia.

Toilet Untuk Negeri the Berawa menjadi konsep toilet umum terintegrasi pertama yang didukung oleh perusahaan multi-teknologi di Indonesia dan dengan dukungan produk serta standar desain toilet umum dari LIXIL yang mengimplementasikan Optimalisasi Sanitasi Indonesia Berbasis Teknologi, antara lain mendukung: sistem pembiayaan pembangunan, penyediaan kontraktor untuk membangun, penyediaan fasilitas toilet berstandar dunia, sistem monitoring berbasis aplikasi mobile, hingga sistem pembayaran online guna membantu pemberdayaan sanitationpreneurs (pengusaha sanitasi), dimana di The berawa pemilik toilet umum adalah entitas yang merupakan gabungan antara pengusaha dan anggota komunitas dari warga setempat. 

Kehadiran Toilet Untuk Negeri diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perekonomian daerah dengan mengakselerasi Usaha Mikro Kecil Menengah di sekitar daerah wisata dan menciptakan lapangan pekerjaan baru khususnya bagi tenaga kerja berpendidikan rendah. “Saat ini, kami fokus pada pembangunan toilet umum di pasar tradisional, kawasan wisata, dan tempat ibadah lainnya di Bali. Konsep Toilet Untuk Negeri the Berawa merupakan prototipe yang akan diaplikasikan pada lokasi wisata lainnya dan diharapkan dapat memberikan dampak sosial ekonomi yang positif serta optimis dalam mendukung program pemerintah. Dalam jangka panjang, kami akan hadir dalam 5 besar destinasi wisata super prioritas di Indonesia dan berbagai destinasi pariwisata lainnya,” tutup Arfindi Batubara selaku Marketing Director LIXIL Water Technology Indonesia.

Acara peresmian hari ini turut dihadiri oleh Arfindi Batubara selaku Marketing Director LIXIL Water Technology Indonesia, Rudy Wahyu selaku CEO Jamban.id, Fajar Rizki selaku COO Tukang.com, Ronald Yusuf Wijaya selaku CEO Ethis Indonesia, Tjokorda Bagus Pemayun selaku Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, I Nyoman Rudiarta selaku Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, I Ketut Riana selaku Bendesa Adat Berawa, dan I Made Kamajaya selaku Kepala Desa Tibubeneng. (MBP)